PJJ Fiqih 11 Bab Jual beli sesi 1-4 PPM Al Islam

الفصل الثالث : فى البيوع

وفيه تسع موادَّ

المادة الأولى : فى حكم البيع,وحكمته,وأركانه :

أ‌.                  حكم البيع : البيع مشروع بالكتاب العزيز,قال تعالى : وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا (البقرة:275),وبالسنّة القوليّة والعمليّة معًا,فقد باع النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم واشترى وقال : لايَبِعْ حاضرٌ لبادٍ,وقال : البيعانِ بالخيارِ مالم يتفرّقا

Kesimpulan

Hukum jual beli adalah di syari’atkan dalam Al Qur’an dan Sunnah

a.       Al Qur’an berdasarkan surat Al Baqoroh ayat 275 : Alloh telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba,dimana jual beli adalah sebagai penyelamat supaya manusia tidak terjerumus ke dalam riba.

b.      Berdasarkan sunnah fi’liyah dan sunnah Qouliyyah.dikatakan dalam surat Al Furqon ayat 7 :

وَقَالُوا مَالِ هَذَا الرَّسُولِ يَأْكُلُ الطَّعَامَ وَيَمْشِي فِي الْأَسْوَاقِ لَوْلَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مَلَكٌ فَيَكُونَ مَعَهُ نَذِيراً

Diantara penjelasan ayat di atas adalah bahwa Rosul juga berjual beli ke pasar,sehingga membuat orang quraisy menilai Muhammad tidak layak diangkat sebagai Rosul karena berjual beli di pasar(jadi ayat ini bisa dijadikan hujjah tentang jual beli sebagai sunnah fi’liyyah yang dilakukan oleh Rosul)

ب.حكمته : الحكمة فى مشروعيّةِ البيعِ هي بلوغ الإنسانِ حاجته ممّا فى يدّ أخيه بغير حرجٍ ولا مضرّةٍ

Hikmahnya : agar manusia mendapatkan kebutuhannya/barang yang berada di tangan saudaranya tanpa melakukan dosa dan madharat.

ج. أركانه : أركان البيعِ خمسة وهي:

1-البائِعُ,ولابُدّ أن يكون مالكا لما يبيعُ أو مأذونًا له في بيعِهِ رشيدًا غير سفيهٍ.

2-المشْتري, ولابُدّ أن يكون جائِزَ التّصَرُّفِ بأن لا يكونَ سفيها,ولا صبيًّا لَم تُؤذَنْ له.

3-المبيعُ-المثمّنُ - ولابُدّ مِن أن يكون مُباحًا طاهِرًا مقدورًا على تسليمه,معلوما لَدَى المشتري ولو بوصْفه.

4-صيغَةُ العقْدِ,وهي الإيجابُ والقبول بالقولِ نحو : بعنِي كذا,فيقول البائعُ : بِعْتُكَ,أو بالفعْلِ كأنْ يقولَ : بِعْني ثوبًا مثلا,فيُناولُهُ إيّاهُ.

5- التّراضي,فلا يصِحُّ بيعٌ بدون رضا الطرفيْنِ,لقوله صلّى الله عليه وسلّم : إنّما البيعُ عن تراضٍ.

Rukun jual beli ada 5 : yaitu

1.       Penjual yaitu(dengan syarat)

a.       Maalikan : Pemilik dari barang yang dijual

b.      Ma’dzuunan : Orang yang mendapatkan izin untuk menjual barang seperti karyawan(pramuniaga)ataupun distributor atau reseller.

c.       Rosyiidan : orang yang berakal sehat(faham terhadap hokum jual beli)

d.      Bukan orang yang bodoh.

2.       Pembeli yaitu(dengan syarat)

a.       Jaiza Tashorruf : Boleh menggunakan barang yang dijual.

b.      Bukan orang bodoh

c.       Bukan anak kecil yang tidak di izinkan menggunakan barang.

3.       Barang yang dijual yaitu(dengan syarat) :

a.       Mutsamman : berharga/harganya bisa ditaksir.

b.      Mubaahan : boleh diperjual belikan menurut Syari’at.

c.       Thoohiron : Suci,tidak sah menjual najis(jelaskan praktek jual beli pupuk kandang)

d.      Maqduuron ‘ala tasliimihi : bisa diserah terimakan,jadi tidak sah menjual barang yang tidak bisa diserah terimakan,seperti menjual barang yang tidak ada,seperti menjual burung yang sedang terbang dan tidak bisa ditangkap,atau menjual utang.(bukan hiwalah)

e.      Diketahui barangnya oleh penjual dan pembeli  walaupun dengan disebutkan sifatnya.

4.       Shighot Aqad : yaitu ijab dan qobul(dengan syarat).

a.       Bil Qouli : Dengan ucapan : seperti perkataan pembeli “saya mau membeli barang ini”dan penjual berkata”saya jual barang tersebut kepadamu”walaupun si pembeli mengambil barang nya sendiri.

b.      Bil Fi’li : Dengan praktek : seperti perkataan pembeli “saya mau membeli barang ini”dan penjual memberikan barang tersebut tanpa berkata apa2.

5.       Saling Ridho : jual beli dianggap sah jika ada saling ridho atau rela antara kedua belah pihak,tidak ada keterpaksaan dari salah satu pihak,missal pembeli terpaksa membeli barang walaupun harganya tidak biasa(kemahalan)karena tidak ada lagi barangnya,ataupun penjual yang terpaksa menjual barang dengan harga yang murah karena kalah berdebat dengan pembeli(walaupun hatinya tidak rela)

المادّة الثالثة : فى حكم الخيار فى البيع

Khiyar adalah hak yang didapatkan oleh kedua pihak dalam jual beli,baik penjual maupun pembeli untuk memilih antara melanjutkan transaksi dan membatalkannya,menurut mayoritas ulama empat madzhab,khiyar ada 3 yaitu,khiyar majlis,khiyar syarat dan khiyar ‘aib,tapi banyak ulama kontemporer(masa kini/mutaakhirin) termasuk penulis(Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jazairi)dalam kitab ini menjelaskan ada 6 macam khiyar,yaitu :

شُرِعَ الخيارُ فى البيع فى عدّة مسائِلَ,وهي.....

1-          ما دام البائعُ والمشتَري فى المجلِسِ قبل أن يتفرّقا,فلكُلٍ منهما الخيارُ فى المجلس قبل أن يتفرّقا,فلكُلٍّ منهما الخيارُ فى إمضاء البيعِ أو فسخِهِ,لقوله صلّى الله عليه وسلّم : البيعانِ بالخيارِ مالم يتفرّقا,فإن صَدَقا وبيّنا بورِكَ لهما فى بيعِهما,وإنْ كتما وكذبَ مُحِقَّتْ بركَة بيعهما.

Selama penjual dan pembeli masih berada dalam satu tempat transaksi sebelum keduanya berpisah,maka masing masing dari kedua belah pihak punya hak khiyar yaitu untuk memilih antara melanjutkan transaksi jual beli atau membatalkannya,khiyar seperti ini disebut khiyar majlis.

2-            إذا اشترط أحد البائعَين مدّةً معيّنةً للخيار فااتفقاعلى ذلك,فهما إذًا بالخيارِ حتّى تنْقضيَ المدّةُ ثُمّ يَمضِي البيعُ,لقوله صلّى الله عليه وسلّم(المسلمون على شروطهم)

Jika salah satu dari yang melakukan jual beli mensyaratkan hingga waktu tertentu untuk melakukan khiyar,kemudian keduanya menyetujuinya dalam beberapa waktu atau hari,maka khiyar tersebut disebut khiyar syarat atau khiyar muddah(masa).

3-            إذا غَبَنَ أحدهما الأخَرَ غَبْنًا فاحشًا,بأنْ بلغ الغبنُ الثُلُثَ فأكْثرَ بأنْ باعه مايُساوي عشَرةً بخمْسةَ عشر,أو بعشْرينَ مثلا فإنّ للمشتري الفسخَ أو الأخْدَ بالقيْمة المعْلومة,لقولِه صلّى الله عليه وسلّم للذي كان يُغْبَنُ فى الشّراءِ لضعْفِ عقْلِهِ :(مَنْ بايَعْتَ فقل لاخِلابَةَ)أي لا خَدِيعةَ,فإنّه متى ظهر أنّه غُبِنَ رجع على مَن غَبَنَه بِردِّ الزّائدِ أليه أو بِفسْخِ البيعِ.

Jika salah satu dari dua orang yang melakukan jual beli menipu yang lainnya dengan tipuan yang sangat keji,hingga tipuan itu mencapai satu pertiganya atau lebih,dengan menjual barang yang berat timbangannya 10 kg tapi disebutkan 15 atau 20 kg,maka pembeli boleh membatalkan jual belinya dan mengambilnya dengan hanya membayar sesuai dengan jumlah timbangan yang diketahui,khiyar ini disebut khiyar ghobnun(tipuan).

4-            إذا دَلَّسَ البائعُ فى المبيعِ بأنْ أظْهرَ الحَسَنَ وأخْفى القَبيحَ,أو أظهر الصّالِحَ وأبطَنَ الفاسِدَ أو جمَعَ اللبَنَ فى ضَرْعِ الشّاةِ فإنَّ للمشْتري الخِيارَ فى الفسخِ أو الإمضاءِ,لقوله صلى الله عليه وسلّم : لاتُصِرُّوا الإبلَ ولا الغَنَمَ فمن ابتَاعها فهو بخيرِ النّظَرينِ بعد أن يحْلُبَها إنْ شاءِ أمسكَ وإنْ شاءَ ردَّها وصاعا مِنْ تَمْرٍ

Jika penjual merahasiakan suatu cacat pada barang yang dijualnya dan memperlihatkan barang yang baik serta menyembunyikan barang yang jelek,atau menampakan barang yang masih utuh dan menyembunyikan barang yang sudah rusak,atau mengumpulkan air susu pada ambingnya(kantong kelenjar susu)supaya dianggap subur air susunya,maka pembeli punya hak khiyar,khiyar ini disebut khiyar tadlis(rahasia).

5-            إذا وُجِدَ عيبٌ يُنْقَصُ قيمَتَهُ ولم يكُنْ قدْ علِمَهُ المشْتَري ورضِيَ به حال المساوَمةِ فإنّ للمشْتري الخِيارَ فى الإمضاءِ أو الفَسخِ لقولِهِ صلّى الله عليه وسلّمَ : لا يَحِلُّ لمسلِمٍ باع مِنْ أخيه بيعًا فيه غَيْبٌ إلّا بيّنه له)و لقولِهِ صلّى الله عليه وسلّمَ فى الصّحيح:من غَشَّنا فليْسَ مِنّا

Jika ditemukan suatu cacat pada barang yang dapat mengurangi nilainya,yang tidak diketahui oleh pembelinya sehingga dia ridho menerimanya ketika proses tawar menawar,maka pembelinya berhak untuk khiyar,khiyar ini disebut khiyar ‘aib.

6-            إذا اخْتلفَ البائِعانِ فى قَدْر الثَّمنِ أو فى وصْفِ السِّلعَةِ خَلَفَ كُلٌّ منهما للأخرِ ثُمَّ هما بالخِيارِ فى إمْضاءِ البيعِ أو فسْخِهِ,لِما رُوِيَ : إذا اخْتلفَ المتبايِعانِ والسِّلْعةُ قائِمةٌ ولا بيِّنَةَ لأحدِهما تحالفا.

Jika penjual dan pembeli beselisih dalam harga atau sifat barang dagangan,maka masing masing dari kedua belah pihak hendaklah bersumpah untuk melanjutkan jual belinya atau membatalkannya,khiyar seperti ini disebut khiyar fil baai’i bitakhyiiri tsamani.

المادّة الرّابعة : فى بيانِ أنواعٍ من البُيُوعِ الممنوعةِ
منَع رسولُ الله صلّى الله عليه وسلّم أنواعًا من البيعِ لِما فيها مِن الغَرَرِ المؤَدّي إلى أكْلِ أموال النّاسِ بالباطِلِ والغَشِّ المفْضي إلى إثارةِ الأحْقادِ والنّزاعِ والخُصُوماتِ بين المسْلِمِيْنَ مِن ذلك
1.بيعُ السِّلْعةِ قبل قبْضِها : لايَجوزُ للمسلِمِ أن يشْترِيَ سِلْعةً ثمّ يبيعَها قبل قبْضِها مِمّنْ اشْتراها منه,لقوله صلّى الله عليه وسلّمَ : إذا اشتريْتَ شيئًا فلا تبِعْهُ حتّى تقْبضَهُ وقولِهِ صلّى الله عليه وسلّمَ : من ابتاعَ طعامًا فلا يَبِعْه حتّى يستوفِيَهُ,قال ابنُ عبّاس : ولا أحسبُ كلَّ شيئٍ إلّا مثْلَه

JUAL BELI YANG DILARANG,ALASANNYA KARENA ADA ALASAN  MENGANDUNG GHOROR ATAU PENIPUAN YANG BISA MENGAKIBATKAN :

1.      Bisa mendorong kepada perbuatan memakan harta orang lain dengan bathil,padahal perbuatan tersebut dilarang sebagaimana Qs Annisa: 29

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلاَّ أَن تَكُونَ تِجَارَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيماً

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu ; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu”.

2.      Bisa mendorong kepada perbuatan yang menimbulkan akibat kepada kedengkian,dendam,perebutan dan permusuhan di kalangan orang orang islam

DIANTARA JENIS JUAL BELI YANG DILARANG ADALAH

1.      Menjual barang yang belum dipegang oleh penjual,misalnya barang masih ada di tangan orang lain(belum menjadi hak milik penjual),karena itu termasuk menjual barang milik orang lain,berdasarkan hadits

إذا اشْتَرَيتَ شيئًا فلا تبِعْهُ حتّى تَقْبِضَهُ أو حديثٍ : مَنْ ابْتاعَ شيئًا فلا يبِعْهُ حتّى يَسْتوفِيَهُ

Artinya : Jika kamu membeli suatu barang maka kamu jangan menjualnya sehingga kamu memegangnya, dan hadits : Barang siapa yang membeli suatu barang,maka jangan menjualnya kembali sebelum memilikinya.

 Bagaimana kalau reseller dalam jual beli online? Maka itu hukumnya boleh karena walaupun barang belum dipegang tapi dia sudah punya izin berjual beli dari pemilik barang,jadi hukumnya sama dengan karyawan atau pramuniaga.

Bagaimana kalau jenis jual beli po(pre-order)? Maka itu termasuk salam(pesanan) yang harus ditentukan jenis barang,harga,dan waktu penyerahan barang,hukumnya sama dengan reseller

2.  بيعُ المسْلِم على المسْلِمِ : لا يجوز للمسلِمِ أنْ يشْتَريَ أخوه المسلِمُ بضاعةً بخمْسَةٍ مثلا,فيقول له رُدَّها إلى صاحِبها وأنا أشْتَريها منك بستّةٍ,وذلك لقولِهِ صلّى الله عليه وسلّمَ: لايَبِعْ بعْضُكُم على بيعِ بَعْضٍ

3.      Menjual barang yang sudah dibeli atau ada dalam penawaran saudaranya sesama  Muslim,seperti jika si A berkata kepada penjual,kamu harus membatalkan jual beli dengan si B karena saya akan membeli barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi,padahal telah terjadi jual beli antara penjual dengan si B,perbuatan tersebut dilarang karena ada hadits “لايَبِعْ بعْضُكُم على بيعِ بَعْضٍ “ yang berarti janganlah kamu menjual barang yang sudah dibeli orang lain.

3. بيعُ النَّجْشِ : لايجوزُ للمسلِمِ أن يُعْطِيَ فى سِلْعةٍ شيئًا وهو لايُريدُ شرائَها وإنّما مِنْ أجْلِ أنْ يَقْتَضِيَ به السُوّامَ فيُغَرِّرُ بالمشْتَري كما لا يَجوز أن يقولَ لِمَنْ يُريدُ شِرائَها:إنّها مَشْتراةٌ بكذا وكذا كاذبًا لِيُغَرّرَ بالمشْتَري وسواءٌ توَاطأ مع صاحبها أم لا,لقولِ ابن عُمَرَ رضي الله عنهما : نهى رسول الله صلّى الله عليه وسلّم عن النّجْشِ,وقولِه صلّى الله عليه وسلّمَ : ولا تناجَشوا

4.      Jual beli dengan jontrot,yaitu ketika seorang pembeli menawar barang tetapi tidak bermaksud membeli barang tersebut,dia pura pura menawar dengan harga tinggi agar konsumen berfikir akan mahalnya harga barang tersebut dan alhirnya konsumen membeli barang tersebut dengan harga yang tinggi,atau dia mengatakan kepada pembeli”sesungguhnya barang ini dibeli dengan harga sekian”,dengan maksud supaya barang tersebut dibeli dengan harga mahal,hukum jual beli seperti itu adalah haram walaupun dia(orang yang pura pura menjadi pembeli) tidak ada hubungan apa apa dengan penjual dalam artian dia melakukan hal tersebut karena kemauan sendiri bukan disuruh oleh penjual untuk berpura pura menjadi pembeli

4.بيعُ المحرَّمِ والنّجْسِ : لايجوز للمسلم أن يبيعَ محرَّمًا ولا نجْسًا,ولا مفضِيًا إلى حرامٍ,فلا يجوز بيعُ خَمْرٍ ولا خنزِيرٍ,ولاصورةٍ ولا ميتَةٍ,ولا صنَمٍ ولا عِنَبٍ لِمن يَتَّخِذه خمرًا,لقولِهِ صلّى الله عليه وسلّم : إنّ الله حرّمَ بيعَ الخَمرِ والميتةِ والخِنْزير والأصنامِ,و لقولِهِ صلّى الله عليه وسلّم : لعَنَ اللهُ المصَوِّرينَ,ولقولِهِ صلّى الله عليه وسلّم : مَن حبسَ العِنَبَ أيّام القِطَافِ حتّى يبيعَهامِنْ يهوديٍّ ولا نصرانيٍّ أو مِمَّن يَتَّخذَها خمْرًا فقد تَقَحَّمَ النّارَ على بصيرَةٍ

5.      Jual beli barang haram dan najis
Tidak sah menjual barang yang haram dan najis ataupun barang yang halal dan tidak najis tapi bisa membawa kepada perbuatan haram,tidak boleh menjual khomr atau babi,bangkai,(karena termasuk barang haram)tidak boleh menjual gambar , menjual patung dan menjual anggur untuk dijadikan khomr (karena termasuk barang yang menjerumuskan kepada perbuatan haram).termasuk menjual pakaian yang jika dipakai menyebabkan auratnya terbuka(karena termasuk mendorong kepada perbuatan haram).
#. Bagaimana kalau jual beli barang najis tapi bermanfa’at ? Seperti jual beli kotoran sapi untuk pupuk,maka itu dibolehkan,tapi diniatkan dengan jual beli manfa’at dari barang tersebut,bukan jual beli dzatiah barang tersebut.

u5- بَيْعُ الغَرَرِ : لايَجوزُ بيعُ ما فيهِ غَررٌ,فلا يُباعُ سمكٌ فى الماءِ,ولا صوفٌ على ظهرِ شاةٍ,ولا جنِينٌ فى بَطْنٍ,ولا لَبَنٌ فى ضَرْعٍ,ولا ثَمْرةٌ قبلَ بُدُوِّ صلاحِها,ولاحَبٌّ قبلَ اشْتِدادِهِ ولا سِلْعةٌ  بدونِ النَّظْرِ إليها أو تَقْليْبِها وفحْصِها إنْ كانتْ حاضِرةً,أوْ بدونِ وصْفِها ومعرِفةِ نوعِها وكّمِّيَتِها إنْ كانتْ غائِبَةً,وذلك لقولِهِ صلّى الله عليه وسلّم(لاتَشْتروا السّمَكَ فى الماءِ فإنّه غررٌ) وقولِ ابنِ عمرَ رضي الله عنه (نهى رسولُ الله صلّى الله عليه وسلّم أنْ يُباعَ تَمَرٌ حتَّى يَطْعَمَ,أو صوفٌ على ظَهْرِ شاةٍ,أو لبنٌ فى ضَرْعٍ,أو سَمْنٌ فى لَبَنٍ)وقولِهِ (نهى رسول الله صلّى الله عليه وسلّم عَنْ بيعِ الثَّمْرةِ حتّى تُزْهَى)قال: تَحْمَرَّ.وقال(إذا منعَ اللهُ الثَّمَرَةَ فبِمَ تَسْتَحِلُّ مالَ أخيك؟)وقولِ أبي سعيدِ الخدْري رضي الله عنه(نهى رسول الله صلّى الله عليه وسلّم عنِ الملامسةِ والمنابذَةِ فى البيعِ) والملامسةُ لَمْسُ الرّجُلِ ثوبَ الأخرِ بيده بالّيلِ أو النّهارِ ولايُقَلِّبُهُ,والمنابَذَةُ أنْ يَنْبُذَ الرّجلُ ثوبَه ويَنْبُذُ الأخرُ ثوبَهُ ويكونُ ذلك بيعُهما مِنْ غيرِ نَظْرٍ ولا فحْصٍ ولا تقليبٍ.

6.      Jual beli yang terlarang no 5 adalah jual beli yang mengandung manipulasi,seperti:

a.      Menjual ikan di dalam air(karena tidak terlihat,dan ikannya tidak di kilo),yaitu seperti yang banyak terjadi sekarang,memancing dengan membayar,dapat atau tak dapat ikan bayarannya tetap.

b.      Menjual bulu domba yang masih menempel di tubuhnya.(kalau wol seharusnya di kilo,bukan dihargai misalnya untuk seekor domba harga bulunya 500 ribu,bila seperti itu maka tidak sah jual belinya).

c.       Menjual ternak yang masih dalam Rahim.

d.      Menjual susu yang masih dalam kelenjarnya.

e.      Menjual buah buahan yang belum matang(masih di pohon),transaksi seperti ini disebut juga ijon,misalnya diborong untuk satu pohon buah manga dihargai 1 juta.

f.        Menjual biji bijian yang belum mengeras(belum bisa dipanen),padi yang masih di pohonnya atau belum dipanen(sama sebutannya yaitu ijon)

g.      Menjual barang tanpa membertahukan jumlah,jenis,dan warnanya kepada pembeli.

h.      Jual beli dengan system mulamasah atau munabadzah.

Mulamasah adalah pembeli meraba terhadap barang pada waktu malam atau siang tanpa membolak balik barang.

Munabadzah adalah transaksi jual beli dengan barang yang dilempar tanpa dilihat,diperiksa dan dibolak balik barangnya

6-بَيْعُ بيعَتَينِ في بَيْعةٍ : لايجوز للمسلِمِ أنْ يَعْقِدَ بيعَتينِ فى بيعةٍ واحدةٍ,بل يَعْقِدُ كُلَّ صفقَةٍ على حِدَّةٍ,لِما فى ذلك مِن الإبْهامِ المؤَذّي إلى أذِيّةِ المسلمِ,أو أكْلِ مالِهِ بدونِ حقٍّ,ولِعَقْدِ بَيْعَتَينِ فى ببيعَةٍ صورٌ,منها أنْ يقولَ لهُ,منها أنْ يَقولَ له : بِعْتُكَ الشّيئَ بعَشْرَةٍ حالا,أو بِخمْسَةَ عشرَ ألى أجَلٍ ويَمْضي البيعُ,ولَمْ يُبَيِّنْ له أيَّ البيعَتَيْنِ أمضاها.ومنها أنْ يَقولَ له : بِعْتُكَ هذا المنْزلَ مثلا بكَذا,على أنْ تَبيعَنِي كذا بكذا.ومنها أنْ يبِيْعه أحدَ الشّيْئَينِ مُخْتلِفَيْنِ بدينارٍ مثلا ويمْضي العقْدَ,ولم يَعْرف المشْترِي أيَّ الشَّيْئَيْنِ قد اشْتَرى لِما رُوِيَ عنه (أنّه نهى عَنْ بيعَتينِ في بَعيعةٍ)

7.      Diantara jual beli yang dilarang adalah dua aqad dalam satu transaksi,

a.      Karena ada kesamaran  atau ketidak jelasan yang mendorong untuk menyakiti sesama Muslim dan memakan hartanya tanpa haq(Annisa : 29)

b.      Contohnya membedakan harga antara jual beli cash dengan kredit tanpa memilih salah satu diantara keduanya(kontan atau kredit),seperti seseorang yang menjual satu barang dengan harga kontan 10 ribu dan kredit 13 ribu,kemudian terjadilah transaksi tanpa menentukan apakah mau kredit atau kontan.(berbeda dengan keterangan dalam kitab Sulam Taufiq yang menjelaskan baik memilih atau tidak memilih diantara dua transaksi tersebut,tetap tidak diperbolehkan)

c.       Atau menyatukan dua transaksi antara sewa(ijaroh)dan beli tanpa memilih salah satu diantara keduanya,tapi menggabungkan keduanya.(jual beli motor lewat leasing),dalam surat jual beli dengan leasing biasanya tertera aqad sewa jual(menyatukan antara aqad sewa dengan jual),yaitu jika masih dalam masa cicilan,mereka(leasing)menganggap transaksinya adalah sewa,dan jika konsumen telat bayar mereka akan mengambil motor tanpa memperhitungkan uang yang telah dibayar konsumen karena dianggap uang sewa,jika sudah selesai cicilannya baru dianggap jual beli.

7-بيعُ العُربون : لا يجوز للمسْلِمِ أنْ يَبيعَ بيعَ عُربونٍ,أويأخُذَ العُرْبونَ بحالٍ,لِما رُوِيَ عنه صلّى الله عليه وسلّم (أنّه نهى عن بيعِ عربونٍ)قال مالك فى بيانِه هو أنْ يشْتَريَ الرّجلُ الشّيئَ,أو يَكْتَريَ الدّابَّةَ,ثُمَّ يقولُ : أعْطَيتُكَ دينارًا على أنّي إنْ تركْتُ السّلْعةَ أو الكراءَ فَما أعْطَيتُكَ لك.

8.      Diantara jual beli yang dilarang adalah jual beli dengan cara memberikan uang panjar(uang muka yang dijadikan syarat oleh penjual)yang diberikan secara kontan,sebagai jaminan jika jual beli tidak jadi,maka uang panjar tersebut tidak dikembalikan kepada pembeli,tetapi tetap menjadi milik penjual.

 

uبيعُ ما ليسَ عنده : لايجوز للمسلم أنْ يبيعَ سلعةً ليستْ عنده,أو شيئًا قبل أنْ يكْمِلهُ لما قدْ يؤَدّي أليه ذلك مِنْ أذيَّةِ البائعِ والمشتري فى حال عدم الحصولِ على السلعة المبَيْعةِ,ولذا قال صلّى الله عليه وسلّم : (لا تبِعْ ما ليسَ عندك) (ونهى عنْ بيعِ الشّيئ قبل قبْضِهِ).

9.      Diantara jual beli yang dilarang adalah menjual barang yang tidak ada ditangan penjual,atau barang yang belum menjadi miliknya

 

 

 

 

 

 

  

Da'wah adalah keajiban kita bersama,dengan blog ini hendak melaksanakan kewajiban tersebut.

Share this

Add Comments


EmoticonEmoticon