مبادي علم أصول الفقه
المبادي جمع مبدأ وهو الأوّل ومبدأ العلم أو الفنّ قواعده الأساسيّة الّتي يُقْدمُ عليها ولا يَخْرجُ عنها.
إنَّ مبادي كُلِّ فانٍ عشرة # الحدُّ والموضوع ثُمَّ ثَمْرة
وفضْلُهُ ونسبَةٌ والواضِعُ # والاسم الاسْتِمداد حكمُ الشّارع
مسائِلُ والبعْضُ بالبَعْضِ كْتَفي # ومَنْ دَرَى الجَمِيْعَ حازَ الشّرفا
Persiapan tiap Fan ada sepuluh # Definisi sasaran juga Faidah
Keunggulan nisbat juga yang mulai # Nama pengambilan juga hukum syar’i
Masalahnya tidak harus tahu semua # Yang tahu semua pasti bahagia
1. الحدّ : أصول الفقه مركّبٌ من كلمتين (الأصول)(والفقه)
Definisi : Ushul Fiqh tersusun dari dua kalimat,yaitu kalimat (الأصول) dan(الفقه)
أ. الأصول جمع من الأصل,والأصل لغة: أسفلُ الشيئ –أو مابُنِيَ عليه غيره
Ushul jama’ dari Ashlun yang menurut bahasa adalah”paling bawah dari satu perkara” atau “sesuatu yang dibangun diatasnya perkara yang lain”
ب. الأصل إصطلاحًا : يُقال على الدّليل القاعدة الكلّيّة,كقولِهم أصل وجوب الزكاة الكتاب,أي الدّليل على وجوبِها الكتاب كقول الله تعالى : وأتوا الزكاة
Ashlun menurut Istilah ; dikatakan sebagai dalil Qoidah Kulliah,seperti ucapan ashal wajibnya zakat ada dalam kitab,seperti firman Alloh ta’ala(وأتوا الزكاة )
ج. الفقه لغة : الفهم كما قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم من يُرد الله خيرًا يفقهْه فى الدّين (رواه البخاري)
Fiqih menurut bahasa : Alfahmu(faham) seperti ucapan rosul dalam hadits
من يُرد الله خيرًا يفقهْه فى الدّين (رواه البخاري)
Barang siapa yang dikehendaki baik oleh Alloh maka Alloh akan memberi pemahaman tentang agama.
د. الفقه اصطلاحًا : قال الامام أبو حنيفة : معرفة النّفسِ ما لها وما عليها
Pengetahuan akan hal hal yang bermanfa’at dan madhorot bagi seseorang.
- قال الامام الشّافعيّ : العلم بالاحكام الشّرعيّة العمليّة المكتسب من أدلّتها التفصيليّة أو ظنّيّة
Ilmu yang membahas hukum hukum syariat amaliyyah/perbuatan zhahir yang didapat dari dalil dalil terperinci/zhanniy
ه. تعريف أصول الفقه : علمٌ يُعْرَفُ به أحوال الأدلّة والأحكام الشرعِيّة من حيث أنه داخِلٌ فى إثبات الأحكام بالأدلّة الإجماليّة
Ilmu yang mengetahui keadaan dalil dalil dan hukum hukum syar’I,untuk digunakan dalam menetapkan hukum hukum dengan dalil dalil yang bersifat umum
2. الموضوع : الادلّةُ السّمعيّةِ والاحكامُ الشّرعيّةِ
Dalil dalil sam’iyyat dan hukum hukum syari’at
3. الثمرة : معرفةُ الاحكامِ الرّبّنيّةِ بحسَبِ الطّاقةِ البشرِيّة ليَنالَ بالجِرْيانِ على موجِبها السّعادةَ الدُّنياويّةَ والأخْراوِيّةَ
Mengetahui hukum hukum Alloh dengan mempertimbangkan kemampuan manusia agar dapat menjalankan kewajibanya,yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat.
4. الفضل : معروفٌ بفضْلِ موضوعِهِ وفائِدَته
Diketahui karena keunggulan sasarannya dan faidahnya.
5. النسبة : أصولُ العلْمِ الفقهِ ومُبايِنَةٌ لغيرِهِ
Pokok ilmu Fiqih dan berbeda dari yang lainnya.
6. الواضع : قدْ قيل أنَّ أوَّلَ مَنْ كَتَبَ في أصول الفقه هو أبو يوسف,صاحِبُ أبو حنِيْفةِ,ولكن لم يَصِل إليْنا شيئٌ مِن كُتُبِهِ,والشّائعُ عند العلماء أنّ أوّلَ مَنْ دوَّنَ هذا العلمَ هو الامام محمّد بن إدريس الشّافعي.
Diceritakan bahwa yang pertama menyusun kitab Ushul Fiqh adalah Abu Yusuf,sahabat Imam Abu Hanifah,tetapi tidak sampai kepada kita satu kitab pun dari karyanya. Adapun yang Masyhur di kalangan Ulama bahwa orang pertama yang menyusun kitab Ushul Fiqh adalah Imam Muhammad bin Idris As Syafi’iy yang masyhur dengan sebutan Imam Syafi’iy.
7. الإسم : علْمُ أصولِ الفقهِ وقواعده
Nama : Ilmu Ushul Fiqih dan Kaidah kaidah Fiqih
8. الاستمداد : من القرأن والحديثِ
Dari Al Qur’an dan Hadits
9. الحكم الشّرعي : فرضُ عَيْنٍ لِمَنْ يتصَدَّرُ للفُتْيا والاجْتهاد وفرض كفاية على مجموع الأمّة
Fardhu ‘Ain bagi orang yang bermaksud untuk menjadi ahli fatwa dan Ijtihad,Fardhu Kifayah bagi masyarakat umum
10. المسائل : الامْرُ يَقْتَضِي الوجوبَ والنّهيُ يَقْتَضِي التّحْريمَ
Amar menunjukkan wajib dan nahyi menunjukkan haram